Pathaan (2023)

Review Film – Pathaan (2023)

Pathaan jadi comeback Shah Rukh Khan yang luar biasa

Film aksi Bollywood saat ini sudah sangat menjadi incara para pecinta film aksi. Genre action thriller yang dahulu terlihat lebay di film India, menjadi ikon dan ciri khas yang sulit hilang. Namun, belakangan film “Spy Universe” menjadi incaran para pecinta Bollywood dan film laganya. Pathaan menambah jejeran film “Spy Universe” dengan karakter baru dari Shah Rukh Khan.

Film aksi dari sutradara Siddharth Anand yang juga mengarahkanfilm aksi Bang Bang (2014)  War (2019). Rumah produksi Yash Raj Films kembali mengeluarkan film aksi di awal tahun Pathaan pada 25 Januari 2023. Tergambar jelas karakter utamdari SRK (Shah Rukh Khan) mendominasi seluruh aksi, walau diisi dengan beberapa nama besar.

Latar belakang Pathaan yang digambarkan dalam aksi

Tanpa latar belakang seorang karakter utama biasa dijadikan sebuah prolog atau pembuka film. Sebuah plot konflik antar negara India dan Pakistan kali ini menjadi jalan untuk para penonton mengenal Pathaan. Tidak langsung menjelaskan karakter gila agen rahasia. Penjelasan background dari Pathaan dan segala masalah yang akan dihadapi yang diuraikan sepanjang film menggunakan alur campur. Tanpa berbelit dan lebih banyak mengundang kita untuk ikut berpikir menyusun puzzle cerita.

Review Pathaan (2023)
Shah Rukh Khan | © Yash Raj Films

Pathaan yang digunakan sebagai pahlawan untuk salah satu daerah di Afganistan nampaknya hanya sebagai istilah untuk nama awalnya. Namun, seiring berjalan aksinya berkeliling dunia, akhirnya semua misi gilanya berhubungan dengan nama karakter utama tersebut. Memang agak dipaksakan hubungan nama dan misinya. Balik lagi, ini jadi pengenalan yang dramatis sekaligus menarik

Keliling dunia ala agen rahasia India

Sejak awal, Pathaan menyuguhkan kita lansekap dunia, dari mulai Moskow Rusia, lalu Dubai UAE, London Inggris, bahkan sampai rel kereta antah berantah. Anehnya semua digunakan hanya untuk visual bahwa agen rahasia berkeliling dunia demi misi negaranya yang mungkin tidak ada hubungannya dengan beberapa destinasi tersebut.

Review Pathaan (2023)
Pathaan | © Yash Raj Films

Walaupun aneh, namun aksi mereka di tengah kota, khususnya Dubai patut diacungi jempol. Tidak hanya aksi kejar-kejaran mobil di jalan raya. Kereta dan helikopter pun ikut menjadi atribut aksi gila SRK melawan Jim (John Abraham)

Aksi menggelegar para agen ini pun diselimuti aksi konyol mengundang tawa. Apalagi saat cameo Tiger dari Salman Khan yang ikut beraksi. Ini manandakan “Spy Universe” akan terus menarik ke depannya.

Duel duo agen terbaik dunia

Mengapa bisa agen terbaik dunia? di tengah film Jim mengumpulkan beberapa mantan anggota agen rahasia dunia dari Eropa, Amerika hingga Asia di bawahnya. Itu menandakan Jim sendiri merupakan yang terkuat dari semua. 

Salah satu yang menarik perhatian adalah agen perempuan bernama Rubina dari Deepika Padukone, menjadi sebuah pengalihan yang tepat. Di saat 2 tokoh rival yang bersiteru fokus ke tugas mereka. Rubai atau Rubina seperti menjadi bahan rebutan, yang pada dasarnya tidak sama sekali.

Review Pathaan (2023)
Pathaan dan Rubina | © Yash Raj Films

Tapi sang tokoh utama yang pada akhirnya mengalahkan sang antagonis villain, menandakan duel mereka merupakan yang paling disegani di seluruh dunia. Sayangnya nasib Jim sudah tertebak sejak awal laga. Yang baik yang menang menjadi template mengecewakan.

Logo Amazon Prime Video
Logo Apple TV

TRAILER PATHAAN

Movie Info