Avengers: Endgame (2019)

Review Film – Avengers Endgame (2019)

Avengers Endgame jadi ending dan beginning MCU baru

Film superhero memang lagi banyak digemari sejak 5 tahun terakhir semenjak suksesnya Marvel dan DC mengangkat komik mereka menjadi tontonan nyata. Avengers Endgame dari Marvel Studios melangkah lebih jauh menyuguhkan penyatuan semua superhero yang pernah ada dalam film sebelumnya melawan 1 villain terjahat yang pernah ada. 

Ini tidak hanya menyuguhkan fantasy pertarungan antar superhero. Cerita, plot, bahkan drama antar superhero lengkap tersaji dalam durasi 3 jam lebih. Siapa sangka peran-peran tingkat tinggi dapat melebur dalam 1 film dan itu tidak membuat satu dengan yang lain tumpang tindih, melainkan saling melengkapi.

Avengers: Endgame didasarkan pada tim superhero Marvel Comics the Avengers, diproduksi oleh Marvel Studios dan didistribusikan oleh Walt Disney Studios Motion Pictures. Ini adalah sekuel The Avengers (2012), Avengers: Age of Ultron (2015), dan Avengers Infinity War (2018), dan film kedua puluh dua di Marvel Cinematic Universe (MCU). 

Avengers: Endgame (2019)
Thanos | © Marvel Studios

Film ini disutradarai oleh Anthony dan Joe Russo dan ditulis oleh Christopher Markus dan Stephen McFeely, dan menampilkan pemeran ansambel termasuk Robert Downey Jr, Chris Evans, Mark Ruffalo, Chris Hemsworth, Scarlett Johansson, Jeremy Renner, Don Cheadle, Don Read, Paul Rudd, Brie Larson, Karen Gillan, Danai Gurira, Benedict Wong, Jon Favreau, Bradley Cooper, Gwyneth Paltrow, dan Josh Brolin

Ruso Brothers sang visioner 

Kali ini Russo Brothers benar-benar melihat superhero Marvel dengan sudut pandang para pecinta buku komik. Keegoisan akan director yang menginginkan sebuah film dengan cara mereka dikesampingkan. Semua unsur buku komik melekat pada film secara jelas maupun secara “easter eggs”. 

Avengers: Endgame (2019)
| © Marvel Studios

Sehingga penuh lengkap antara ketakjuban aksi para superhero dengan segala misteri yang akan terus berlanjut dari franchise Marvel Cinematic Universe ini. Endgame mungkin bukan akhir dari Avengers sendiri, melainkan sebagai penghubung ke film yang akan datang. Pemikiran Russo Bros ini memang sangat visioner ke arah yang lebih jauh.

Avengers Endgame ini bertolak pada titik putus asa para superhero yang selamat dari “snap” Thanos. Tidak ada yang mustahil dalam cerita buku komik. Bagusnya film ini dibuat dengan penulisan dan plot yang amat sangat jelas sehingga sampai dengan logika masa kini tidak terlalu berfantasi. Dari sisi drama, penjelajahan waktu, dan peran masing-masing mendapat tingkat kesulitan yang sangat baik. 

Tidak terpikir bahwa Hulk yang menjadi lebih soft, sehingga dapat menyatu sepenuhnya dengan situasi “desperate” para hero lainnya. Tokoh sentral akan banyak ditemukan dalam film ini, menambah kejutan di setiap segmen film. 3 Jam itu tidak akan terasa lama, bahkan mungkin lebih cenderung kurang ya, dengan porsi superhero yang amat sangat banyak dalam 1 film. 

Avengers: Endgame (2019)
Time travel | © Marvel Studios

Paling keren itu ya bagian akhir, selalu yang baik yang menang. Eit tunggu dulu… bagi kalian yang sudah menonton mungkin tahu, tidak selamanya “happy ending” menjadi hal yang klimax dalam sebuah film. Tapi ini disajikan dengan drama yang epic dan penuh dengan emosi para penonton. Semua superhero berkumpul itu saja sudah membuat merinding, apalagi kalian penggemar superhero Marvel sejak lama. Ini merupakan hal yang sangat dinanti. 

Pertarungan akhir selalu buat merinding

Mungkin kalian tidak akan cukup menonton sekali untuk melihat last battle atau perang antar pasukan. Walaupun lebih dari 50% adalah efek CGI, itu tidak menjadi masalah berarti. Kalian akan sangat menikmati ending battle dari Avengers Endgame

Kekurangan film mungkin tidak ada, atau kalian masih kurang dengan durasi 3 jam lebih itu? Atau terlalu lama untuk membangu sebuah perang singkat pada akhir film. Jangan dilihat dari sisi singkatnya perang akhir. Namun perjalanan menuju perang dan pesan tiap tokoh penting, menjadi bagian seru yang amat sangat indah untuk disaksikan secara seksama. 

Avengers: Endgame (2019)
Last battle Avengers Endgame | © Marvel Studios

Apalagi, tiap zaman dan perjalanan menuju perang akhir melawan Thanos merupakan sebuah misteri untuk film Marvel Superhero berikutnya. Ada saja topik dari tiap tokoh yang diangkat sehingga, emosi para penonton dapat terbawa sampai mengingat semua film MCU. Kita tunggu saja kejutan Disney dan Marvel Studios untuk kelanjutan MCU ini.

Logo Disney Plus


Movie Info