Review KDrama – Gyeongseong Creature (2023)

Gyeongseong Creature, kisah mengerikan tentang monster dan kemanusiaan di Seoul pada masa pendudukan Jepang.

Sebuah KDrama Netflix terbaru, Gyeongseong Creature, menjadi sebuah tayangan global yang langsung memikat perhatian penonton. Meski dipisah menjadi dua bagian untuk musim pertama, namun sepertinya hal itu tidak mengurangi antusiasme masyarakat.

Berlatar di Seoul tahun 1945 yang gelap dan penuh gejolak, saat era pendudukan Jepang hampir berakhir. Serial thriller ini mengikuti orang-orang yang melawan makhluk mengerikan, yang lahir dari keserakahan manusia. Memadukan fiksi sejarah, horor monster, dan aksi menegangkan demi menghadirkan pengalaman yang benar-benar memikat.

Dibintangi oleh Park Seo-joon dan Han So-hee, Gyeongseong Creature ditulis oleh penulis skenario Kang Eun-kyung serta disutradarai oleh Jung Dong-yoon.

Aksi dan misteri yang menghantui

Kekuatan tak terbantahkan serial ini terletak pada suasananya. Gyeongseong disulap sebagai kota penuh bayang-bayang dengan setiap gang kecilnya berbalut rasa takut dan keputusasaan. 

Review KDrama - Gyeongseong Creature (2023)
Gyeongseong Creature | © Netflix

Pendudukan Jepang yang omnipresent menebar bayangan panjang penindasan serta bagaimana keputusasaan rakyat Korea terasa nyata. Sebagai negara yang juga pernah dikuasai oleh Jepang, agaknya penonton bisa memahami kediktatoran yang dilakukan oleh pemerintah penjajah dalam drama – secara historis.

Latar belakang yang suram ini dengan sempurna melengkapi elemen supranatural, menciptakan dunia di mana monster bukan hanya khayalan, tetapi manifestasi kegelapan yang bersembunyi di dalam hati manusia.

Meski begitu, Gyeongseong Creature tidak semuanya gelap dan suram. Serial ini penuh dengan urutan aksi yang mendebarkan dan dikoreografikan dengan cukup baik. Misteri seputar asal-usul makhluk dan rahasia masa lalu para karakter juga memberikan intrik terus-menerus.

Sayangnya, drama ini sangat bergantung pada kilas balik untuk mengungkap masa lalu dan motivasi karakter. Sementara beberapa efektif meningkatkan keintiman cerita, yang lainnya justru terasa seperti jalan memutar yang tidak perlu. Belum lagi konflik yang dibuat juga terkesan tarik-ulur, di satu waktu menjadi sangat penting namun semakin lama justru menjemukan.

Perpaduan karakter yang menarik

Dipimpin oleh Park Seo-jun yang selalu menawan sebagai Jang Tae-sang, pengusaha kaya dengan masa lalu tersembunyi, dan Han So-hee sebagai Yoon Chae-ok, investigator yang cerdas dan gigih. Kepribadian mereka yang kontras – pragmatisme Tae-sang dan idealisme Chae-ok – menciptakan dinamika yang menarik saat keduanya menghadapi bahaya. 

Review KDrama - Gyeongseong Creature (2023)
Gyeongseong Creature | © Netflix

Pemeran pendukung juga sama-sama mengesankan, dengan Kim Hae-sook sebagai Nyonya Nawol, pendamping setia Tae-sang sejak kecil. Ada pula Jo Han-chul sebagai ayah Yoon Chae-ok dan Wi Ha-joon sebagai Kwon Jun-taek, aktivis kemerdekaan dan teman dekat Tae-sang. 

Keterlibatan setiap pemain membuat setiap karakter pendukung ini tidak terkucilkan. Mereka semua memiliki peran besar dan turut membangkitkan emosi penonton, meningkatkan perasaan nasionalis yang ingin memiliki kebebasan. 

Para karakter ini memiliki motivasi dan rahasia mereka sendiri, menghadirkan kompleksitas narasi sepanjang episode.

Adakah kekurangan dari Gyeongseong Creature?

Meskipun Gyeongseong Creature adalah serial yang cukup sukses, bukan berarti tanpa kekurangan. Drama ini mendambakan ambisi, melemparkan banyak alur cerita – agenda tersembunyi, intrik politik, pengetahuan supernatural – untuk membuat penonton tetap terlibat. Namun, ini terkadang terasa seperti koper yang terlalu penuh, dengan alur cerita berjuang untuk ruang bernapas. Selain itu, beberapa poin juga gagal mencapai potensi penuh mereka.

Review KDrama - Gyeongseong Creature (2023)
Gyeongseong Creature | © Netflix

Makhluk mengerikan, inti dari kengerian drama, terkadang gagal menakuti penonton. Sementara konsepnya cukup membuat merinding, eksekusinya tidak mencapai tujuan. Ketergantungan pada CGI memang mengesankan untuk beberapa waktu, namun tidak memiliki realisme yang benar-benar membuat terkesan.

Di sisi lain, romansa yang berkembang antara Tae-sang dengan Chae-ok seharusnya menawarkan potensi untuk dinamika yang menggetarkan. Tetapi, hubungan mereka malah kurang berkembang, bahkan terburu-buru. Beberapa adegan keduanya bersama pun terlalu dilebihkan, mengurangi efek tegang yang sebelumnya dibangun perlahan.

Salah satu KDrama yang perlu ditonton

Dengan suasananya yang dingin, karakter yang menarik, dan perpaduan aksi, misteri, dan horor yang mendebarkan, Gyeongseong Creature adalah serial yang akan melekat di benak. Tentu saja drama ini tidak lepas dari kekurangan, tapi ada pula hal-hal menarik yang sayang dilewatkan.

Siapa pun yang mencari pengalaman menonton unik dan mencekam, mungkin Gyeongseong Creature bisa menjadi salah satu jawabannya.



Gyeongseong Creature – Series Info

Scroll to Top